Pada era informasi saat ini, untuk dapat bersaing secara global, setiap perusahaan
harus memiliki persiapan dan perencanaan objektif pada produk atau jasa yang
dimiliki. Persiapan dan perencanaan objektif perusahaan tersebut tersusun pada
dokumen strategi bisnis digital. Tujuan utama penyusunan dokumen strategi bisnis
digital pada organisasi, untuk memberikan gambaran target jangka panjang maupun
target jangka pendek yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui unit bisnis, produk,
maupun organisasi secara keseluruhan. PT Patih Indo Permai merupakan agen
perjalanan milik swasta yang didirikan pada Januari 1988. PT Patih Indo Permai
memiliki produk untuk penjualan tiket pesawat dengan model bisnis B2C.
Berdasarkan hasil FGD yang dilakukan dengan general manager, dan beberapa
kepala divisi dari PT Patih Indo Permai, diperoleh beberapa sasaran strategis pada
produk Patihgo Mobile. Penelitian ini menggunakan metode penyusunan strategi
chaffey (2009). Strategi bisnis yang dihasilkan menggunakan tiga tahapan metode
penyusunan strategi chaffey (2009) yaitu: tahapan strategy analysis, strategy
objective, dan strategy definition. Penelitian ini menghasilkan strategi bisnis digital
untuk produk Patihgo Mobile. Strategi yang disusun berfokus pada sasaran strategis
yang dianalisis dengan mempertimbangkan lingkungan eksternal dan sumber daya
internal pada perusahaan
|
|