ABSTRAK

Kemajuan teknologi memungkinkan siswa belajar secara mandiri tanpa mengganggu proses belajar siswa lainnya. Karena itu, seorang siswa harus memiliki kemampuan belajar mandidi agar tidak tertingal oleh siswa lain. Kemampuan belajar mandiri adalah suatu kemampuan yang membuat seseorang dapat mengarahkan proses belajarnya untuk mencapai tujuan tertentu secara sistematis. Sehubungan dengan hal tersebut, Suradijono(SUR97) sedang mengembangakan suatu Lingkungan Belajar Kolaboratif Cerdas untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa sekolah tingkat menengah di Indonesia. Dalam Lingkungan Belajar itu akan terdapat fasilitas-fasilitas penyajian materi ajar, pengalisis strategi belajar, pengarahan strategi belajar dan kolaboratif. Penelitian dalam tugas akhir ini bertujuan untuk membangun salah satu fasilitas di atas, yaitu pengarahan ini diaktifkan berdasarkan hasil dari modul analisis strategi belajar. Dalam pengarahan, strategi belajar yang diajarkan adalah strategi belajar melalui penulisan isi berpikir verbal (think aloud) siswa. Dari isi berpikir verbal akan didapatkan strategi belajar siswa (hasil dari modul analisis strategi belajar) yang akan menentukan langkah pengarahan selanjutnya. Dalam pengarahan, siswa akan mengetahui hubungan antara tujuan belajar dan strategi-strategi pendukungnya, serta bagaimana cara menerapkan strategi-strategi belajar tersebut. Siswa akan diajarkan melalui pemberian pertanyaan mengenai strategi belajar serta contoh-contoh materi dan isi berpikir verbal yang benar. Setelah menyelesaikan proses pengarahan strategi belajar, siswa diharapkan dapat menerapkan langsung pada materi ajar, sehingga ia dapat meningkatkan kemampuan belajar mandirinya, khsususnya dalam pemahaman bacaan