ABSTRAK

Dalam mengantisipasi kemajuan teknologi yang kian pesat, siswa harus mampu meningkat kemampuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Siswa yang cenderung pasif harus dipaksa untuk aktif dengan cara meningkatkan kemampuan belajar secara mandiri. Kemampuan belajar mandiri yang baik dapat membuat siswa mampu mengarahkan proses belajarnya untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan strategi belajar yang tepat. Untuk itulah Suradijono (SUR97) mengembangkan Lingkungan Belajar Kolaboratif Cerdas untuk Meningkatkan Kamampuan Belajar Mandiri Siswa SMU di Jakarta. Lingkungan Belajar yang akan dibangun memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsi tersebut adalah fungsi untuk menganalisis strategi belajar berdasarkan isi berpikir verbal (think aloud) siswa. Fungsi tersebut dapat digunakan untuk mengetahui apakah siswa sudah menggunakan strategi belajar yang benar sesuai dengan tujuan belajar yang ingin dicapai. Fungsi Analisis Strategi Belajar inilah yang merupakan kunci cerdasnya Lingkungan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun fungsi Analisis Strategi Belajar tersebut. Dari hasil uji coba, dapat dihasilkan sebuah modul yang memenuhi salah satu fungsi dari lingkungan belajar yang dibangun, yaitu fungsi menagnalisis strategi belajar yang digunakan siswa. Hasil analisis tersebut disimpan dalam sebuah tabel pemodelan-strategi-belajar-siswa untuk digunakan oleh guru dalam mematau perkembangan yang dicapai oleh siswa. Tabel tersebut juga dilihat oleh siswa untuk mengetahui perkembangan dirinya dalam mempelajari materi.