ABSTRAK

Tugas akhir ini merupakan bagian dari penelitian 'Lingkungan Belajar Kolaboratif Cerdas'. Penelitian tersebut dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bersama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Penelitian itu ditunjukkan untuk menghasilkan suatu lingkungan belajar yang sesuai dengan keadaan siswa-siswa SMP dan SMU di Indonesia. Lingkungan belajar tersebut dirancang agar siwa yang menggunakannya dapat belajar mandiri, aktif mencari, mengolah, dan menyimpan jenis pengetahuan yang diinginkannya, sebagai upaya untuk memperbaiki metode belajar pasif. Penelitian didasarkan pada strategi belajar yang digunakan siswa, dan difokuskan pada pemahaman bacaan. Penelitian tersebut dibagi menjadi beberapa modul. Modul yang dijadikan sebagai tugas akhir ini adalah modul Kerangka Sistem dan modul Penyajian Materi Ajar. Modul Kerangka sistem merupakan kerangka dasar sistem yang dibuat, sedangkan modul penyajian Materi Ajar merupakan implementasi penyajian materi (bahan bacaan) kepada siswa dengan bentuk non linear (hypertext). Kedua modul tersebut dirancang berdasarkan model atau sistem yang sudah ada, dan tugas akhir ini melakukan modifikasi, penambahan, ataupun pengurangan dari model tersebut.