ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Sumayyah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (SIPARMAS) Dengan Metodologi Agile Untuk Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Pada bulan Juni hingga awal September 2017, penulis berkesempatan untuk melakukan kerja praktik di Pusilkom UI sebagai software engineer. Pusilkom UI telah banyak berkiprah dalam pengembangan dunia teknologi informasi, baik di dunia akademis maupun industri/bisnis. Penulis masuk ke dalam tim pengembangan Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (SIPARMAS) yang berasal dari salah satu klien Pusilkom UI, yaitu KPU RI. Sebagai software engineer, penulis bertugas untuk mengerjakan frontend dan backend sistem menggunakan Spring Boot dan Thymeleaf. Metodologi yang digunakan dalam proyek adalah agile dengan framework Scrum. Dengan Scrum, proses pengerjaan sistem dibagi ke dalam empat sprint, di mana tiap sprint dijalankan selama dua minggu. Terdapat dua kendala yang dihadapi penulis selama kerja praktik, yaitu conflict setelah merge pada Mercurial dan ketidaktelitian dalam membuat kode program. Pada akhirnya, penulis mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga selama kerja praktik. Kata kunci: Kerja praktik, KPU, SIPARMAS, software engineer