ABSTRAK
Sistem personalisasi merupakan salah satu solusi yang digunakan pada banyak situs web e-commerce dalam usaha untuk meningkatkan penjualan. Layanan personalisasi akan memberikan bantuan yang spesifik untuk pemakai tertentu sehingga situs web tersebut seolah-olah mengenal pelanggannya dengan baik. Penelitian yang dilakukan pada tugas akhir adalah untuk membuat sebuah prototipe sistem personalisasi berbasis agen. Dengan agen yang memiliki kemampuan untuk melalukan proses reasoning, diharapkan sistem personalisasi yang dibangun dapat mengenali pemakai yang melakukan aktifitas browsing pada situs web untuk kemudian agen dapat memberikan memberikan aksi berupa promosi-promosi yang terkait dan saran-saran atas rekomendasi dari items yang sesuai dengan pola tingkah laku pemakai. Proses seasoning sendiri adalah kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Agent personalisasi yang akan menggunakan teknik pattern matching untuk melalukan pengenalan pola tingkah laku pemakai dengan pengetahuan yang dimiliki berupa pola buying behavior dari sejumlah traksaksi yang terjadi pada situs web tersebut. Pola buying behavior menandakan keterkaitan hubungan produk-produk yang disukai oleh suatu komunitas pembeli. Pengetahuan yang dimiliki agen dihasilkan dari pengolahan data transaksi untuk mendapatkan relasi antara pembelian dari berbagai produk
|