ABSTRAK
br.>

ABSTRAK Penulis memulai kerja praktik dari tanggal 25 Desember hingga 9 Februari di Binary Studio 54 sebagai game programmer yang berada pada divisi programmer. Hal yang dikerjakan penulis selama melakukan kerja praktik terkait dengan beberapa proyek permainan yang ada di Binary Studio, seperti Robot Jump, Snakes and Ladders Go, Super Bowling, Secondworld Adventure Freeroam, Juragan Kota, dan Legend War. Teknologi yang penulis gunakan untuk melakukan pekerjaan terdiri dari Unity 3D, Microsoft Visual Studio, Google AdMob, Git, GitLab, GitHub Desktop, serta Slack. Penulis mempelajari proses dalam pembuatan permainan, memperbaiki bug, serta bagaimana menambahkan fitur dalam sebuah permainan, seperti menambah fitur ads dan melawan AI. Selain itu, penulis juga mempelajari hal non-teknis seperti disiplin, marketing, serta melakukan kerja sama dalam sebuah tim. Terdapat beberapa kendala selama penulis melakukan kerja praktik, yaitu masalah laptop yang digunakan penulis kurang cukup spesifikasinya serta disiplin penulis selama melakukan kerja praktik. Kata kunci: Game Programmer, Unity 3D, Studio Permainan, Binary Studio 54