ABSTRAK
Nama : Sumarliyanti Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Membeli Makanan pada Layanan Online Delivery-Sourcing: Studi Kasus Go-Food
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen dalam pembelian makanan pada online delivery-sourcing di Indonesia, yaitu Go-Food. Faktor-faktor yang digunakan dalam model penelitian yang diajukan berasal dari tiga teori, yaitu teori kualitas hubungan, model perceived value (PERVAL), dan mobile service quality (M-S-QUAL). Total responden yang berhasil diperoleh adalah sebanyak 852 data lengkap. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Covariance-Based Structural Equation Model (CB-SEM) yang didukung oleh tools AMOS 22.0. Hasil analisis yang diperoleh adalah faktor emotional value, social value, dan price value for money memengaruhi secara positif terhadap perceived value, di mana emotional value yang paling kuat. Faktor efficiency, content, fulfilment, responsiveness, contact, dan billing memengaruhi secara positif terhadap satisfaction, di mana faktor fulfilment yang paling kuat. Selain itu, faktor perceived value dan satisfaction memengaruhi secara positif terhadap loyalty, di mana satisfaction memiliki pengaruh yang paling kuat.
Kata Kunci:
Loyalty, delivery-sourcing, perceived value, satisfaction, aplikasi mobile, Indonesia
|
|