ABSTRAK
Nama : S. Reyneta Carissa Anwar Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Perilaku Pengguna Dalam Mencapai Kredibilitas Informasi Pada Situs Instagram GO-JEK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor motivasi pengguna untuk menggunakan Instagram GO-JEK dan bagaimana pengaruhnya terhadap kredibilitas informasi pada Instagram GO-JEK. Faktor tersebut berasal dari motivasi untuk menggunakan Instagram dan Dual Process Theory yang terdiri dari Informational Influence dan Normative Influence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden sebanyak 341 data yang merupakan pengguna Instagram yang pernah menggunakan Instagram GO-JEK dan dianalisis dengan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini yaitu motivasi passing time paling berdampak pada informational influence. Selain itu, motivasi showing affection paling berdampak pada normative influence. Faktor Informational Influence juga paling berdampak pada kredibilitas informasi pada Instagram ini.
Kata Kunci:
Instagram, PLS-SEM, kredibilitas informasi, motivasi, informational influence, normative influence, media sosial.
|
|