ABSTRAK Nama : Fandika Okdiba Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan dan Evaluasi Prototipe Online Training dengan Pendekatan User-Centered Design Online training adalah proses pembelajaran atau pelatihan secara tidak langsung dengan adanya media seperti Internet. Online training dapat membantu kebutuhan dari orang-orang yang sudah bekerja, siswa yang sudah selesai dari tingkat SMA namun tidak menjalankan pendidikan tinggi. Online training mempunyai potensi yang baik untuk Indonesia dari sisi ekonomi. Saat ini, belum ada penelitian mengenai implementasi online training yang dibuat di Indonesia untuk umum. Penelitian ini dilakukan untuk membuat prototipe online training berdasarkan hasil user research yang juga dilakukan pada penelitian ini. Hasil user research menjadi patokan untuk pembuatan persona, arsitektur informasi, desain antarmuka dari prototipe online training. Prototipe online training kemudian dievaluasi dari sisi usability. Hasil evaluasi proqtotipe menunjukkan bahwa secara kualitatif, prototipe sudah baik dari sisi usability dilihat dari semua tugas yang dapat dijalankan oleh responden. Namun, terdapat perbaikan yang perlu dilakukan kedepannya dari sisi tampilan prototipe online training serta dibutuhkannya penelitian lanjutan dari prototipe online training tersebut. Kata Kunci: Online training, pendidikan nonformal, usability evaluation, user-centered design