ABSTRAK
Nama : Muhammad Luqman Hakim Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Prototipe Mobile Self-Monitoring Tool Berdasarkan User-Centered Design
Dalam usaha untuk membantu mahasiswa sukses dalam belajar di perkuliahan, melatih kemampuan self-regulated learning merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Salah satu komponen penting dalam self-regulated learning adalah selfmonitoring, dimana mahasiswa harus mampu memonitor perkembangan belajarnya masing-masing. Untuk melatih mahasiswa melakukan self-monitoring, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia menciptakan sebuah tool yang bernama selfmonitoring tool. Tool yang masih berbasis website tersebut ditinjau kembali berdasarkan user research dengan menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan dengan 23 responden yang terdiri dari sepuluh mahasiswa, delapan dosen, dan lima asisten dosen. Hasil wawancara dianalisis dan dijadikan dasar dalam mengembangkan aplikasi mobile self-monitoring tool. Dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip dalam membuat desain yang baik, mobile selfmonitoring tool telah berhasil didesain dalam bentuk prototipe yang clickable yang meliputi role mahasiswa dan role instruktur.
Kata Kunci:
Self-regulated learning, self-monitoring, self-monitoring tool, user research, wawancara, mobile self-monitoring tool, prototipe.
|
|