ABSTRAK Nama : Clarissa Martallin Winona Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Tipe Informasi dan Search Intention dalam Menggunakan Branded atau Generic Search Query Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masing-masing tipe informasi dan search intention terhadap penggunaan branded atau generic search query pada mesin pencari. Hal ini dilakukan karena munculnya fenomena information overload atau ledakan informasi. Fenomena ini menyebabkan sulitnya pengguna menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya terutama pada dunia pariwisata. Tipe informasi pariwisata yang diteliti adalah transportasi, akomodasi, restoran, tempat perbelanjaan, dan atraksi wisata dengan dua tipe intention, yaitu purchase intention dan intention to search. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner daring terhadap pengguna yang pernah melakukan pencarian menggunakan mesin pencari dan berhasil mengumpulkan responden sebanyak 1256 data. Data dianalisis menggunakan metode regresi logistik biner menggunakan IBM SPSS versi 23.0. Berdasarkan penelitian ini, penulis menemukan hasil bahwa intention memengaruhi penggunaan branded atau generic search query dan beberapa tipe informasi memengaruhi penggunaan search query. Untuk masing-masing tipe informasi, variabel yang berpengaruh signifikan juga berbeda-beda. Kata kunci: Purchase intention, intention to search, mesin pencari, e-tourism, generic search query, branded search query, keyword