ABSTRAK Nama : Asa Fairuz Dinar Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Usability HIJUP Versi Mobile Berdasarkan Customer Segmentation Pekembangan e-Commerce di Indonesia sangat pesat. Hal tersebut ditandai dengan semakin maraknya kemunculan e-Commerce di Indonesia khususnya fashion eCommerce. HIJUP adalah salah satu fashion e-Commerce khusus muslim. Dalam upaya meningkatkan eksistensinya dengan memberikan pengalaman yang nyaman dalam berinteraksi dengan HIJUP, dibutuhkan evaluasi usability secara berkala. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan HIJUP dari masing-masing segmen pengguna yang ada di HIJUP yaitu visit not purchase buyer, first time buyer, dan loyal buyer. Evaluasi usability dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner online dan SUS serta metode kualitatif dengan usability testing dan pemetaan kepada prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkannya perbaikan desain interaksi untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan HIJUP. Rancangan desain interaksi yang telah dibuat terbukti mayoritas menyelesaikan permasalahan usability. Kata Kunci: Fashion e-Commerce, usability evaluation, customer segmentation