ABSTRAK
Nama : Ayu Fatmawati Program Studi : Sistem Informasi Judul : Popularitas dan Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan Data Media Sosial Twitter: Studi Kasus Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur 2018
Penggunaan media sosial untuk kampanye pemilihan umum sudah marak dilakukan. Kampanye sendiri bertujuan untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas kandidat sehingga dapat menggiring masyarakat untuk memberikan suaranya kepada kandidat yang diusung. Kampanye yang dilakukan di media sosial ini memiliki potensi untuk mengukur popularitas dan elektabilitas kandidat berdasarkan data-data media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran-ukuran data yang ada pada media sosial yang dapat merepresentasikan peraihan popularitas dan elektabilitas kandidat ditinjau melalui akun personal dan akun pasangan. Penelitian ini mengimplementasikan querybased survey – pengumpulan data menggunakan query pada basis data yang tersedia - dengan menggunakan Twitter sebagai penyedia data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jumlah follower akun personal, jumlah responder akun personal, dan engagement maksimal yang didapat akun personal bisa merepresentasikan popularitas kandidat dan jumlah respon positif dan netral akun personal, serta jumlah responder positif dan netral akun personal bisa merepresentasikan elektabilitas kandidat.
Katakunci: Twitter, Pilkada, popularitas, elektabilitas, kampanye politik, analisis media sosial, analisis sentimen
|
|