ABSTRAK
Nama : Johanes Iman Anugrah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pemodelan Perilaku Jangka Panjang Niat Penggunaan Aplikasi Komik Web: Perspektif Uses and Gratification Theory dan Expanded Expectancy-Confirmation Model
Penelitian ini mengembangkan konsep expectancy-confirmation model (ECM) dengan mengadopsi perceived enjoyment dan pemenuhan kebutuhan (gratification) pengguna sebagai motivasi internal niat perilaku jangka panjang pengguna dalam menggunakan aplikasi komik web. Penelitian ini ingin memahami bagaimana pengaruh pemenuhan kebutuhan dan konfirmasi atas ekspektasi pengguna terhadap niat untuk menggunakan kembali aplikasi komik web secara berkelanjutan melalui kepuasan pengguna, kegunaan aplikasi yang dirasakan pengguna, dan perasaan kesenangan saat menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh faktor niat penggunaan kembali, perasaan kegunaan, dan perasaan kesenangan saat menggunakan aplikasi terhadap kesediaannya untuk membayar layanan premium pada aplikasi. Jenis pemenuhan kebutuhan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pemenuhan kebutuhan hedonis yang terdiri dari fantasi dan pelarian diri dari kenyataan, sosial yang terdiri dari interaksi sosial dan identifikasi sosial, serta manfaat yang terdiri fungsionalitas dan kenyamanan saat menggunakan aplikasi. Pada penelitian ini diperoleh 652 responden yang merupakan pengguna aplikasi LINE Webtoon di Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik persamaan model struktural (SEM) dengan perangkat bantu SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pemenuhan kebutuhan hedonis dan manfaat dengan bantuan konfirmasi atas ekspektasi pengguna memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap perasaan kegunaan dan perasaan kesenangan saat menggunakan aplikasi. Sementara itu kebutuhan sosial ternyata tidak memberikan efek yang signifikan terhadap perasaan kegunaan dan perasaan kesenangan sebagai faktor afektif oleh karena kegiatan membaca komik dipandang sebagai kegiatan hiburan yang dinikmati sendirian. Konfirmasi atas ekspektasi juga ikut menyebabkan seseorang merasa puas saat menggunakan aplikasi komik web sehingga dia ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut. Kemudian, perasaan kegunaan, perasaan kesenangan, dan kepuasan berpengaruh terhadap niat pengguna untuk menggunakan kembali aplikasi komik web. Hasil dari penelitian juga menyimpulkan bahwa hanya pengguna yang ingin terus menggunakan aplikasi yang bersedia untuk membayar demi menikmati layanan premium atau penawaran dalam aplikasi jika ada. Baik perasaan kegunaan atau perasaan kesenangan tidak berdampak langsung terhadap kesediaan pengguna untuk membayar layanan dalam aplikasi.
Kata Kunci:
Komik web, pemenuhan kebutuhan, niat menggunakan kembali, kesediaan untuk membayar, model ekspektasi-konfirmasi, SEM, SmartPLS, LINE Webtoon.
|
|