ABSTRAK
Nama : Clarita I. Nainggolan
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi attitude pengguna terhadap
mobile advertising dan Dampaknya terhadap Purchase intention:
Studi Kasus Tokopedia
Perkembangan jumlah pengguna mobile mendorong perusahaan dalam
memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan strategi marketing mereka. Salah
satu strategi marketing yang dapat dilakukan melalui perangkat mobile adalah
mobile advertising. Namun, permasalahannya banyak pengguna yang masih
menganggap mobile advertising sebagai spam dan banyak juga perusahaan yang
belum mengetahui cara untuk memulai mobile advertising. Sementara untuk
memulai mobile advertising, harus terlebih dahulu memahami attitude pengguna
mobile itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor yang dapat memengaruhi attitude pengguna aplikasi Tokopedia
terhadap mobile advertising dilihat dari sisi afektif dan kognitif. Selain itu,
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak mobile advertising terhadap
purchase intention pengguna untuk membeli produk atau layanan yang
ditawarkan melalui mobile advertising. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap pengguna
aplikasi Tokopedia, dan berhasil mengumpulkan responden sebanyak 565 data.
Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode CB-SEM dibantu
dengan tools AMOS 21. Berdasarkan hasil analisis terhadap data penelitian,
penulis menemukan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, positive
emotions, dan negative emotions memengaruhi attitude pengguna terhadap mobile
advertising, dan attitude tersebut juga memiliki pengaruh terhadap purchase
intention pengguna terhadap produk atau layanan yang ditawarkan pada mobile
advertising tersebut.
Kata kunci:
Attitude, cognitive, affective, mobile advertising, m-commerce, purchase intention
|
|