ABSTRAK
Nama : Cynthia Destiani
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengembangan Merchant Trust Model di Berbagai Platform
Social Commerce
Trust merupakan aspek penting dalam berbelanja online. Banyak online merchant
memiliki tidak hanya satu online platform untuk menjual barangnya. Menentukan
apakah nilai trust dapat berlaku lintas platform pada social commerce merupakan
tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini juga melihat sifat dari trust, apakah trust
bernilai sama atau konsisten berdasarkan fitur dan trust model yang berbeda.
Penulis membangun sebuah trust model berdasarkan fitur yang didapat pada
Twitter, Instagram, dan Shopee. Penulis melihat apakah pada trust model yang
dibangun dapat memperlihatkan apakah trust berlaku cross-platform untuk social
commerce. Penelitian ini menunjukkan bahwa trust dapat dilihat dari berbagai sisi.
Hal ini ditunjukkan dengan betapa banyak dan beragam fitur yang digunakan dalam
menilai trust dan membangun trust model. Selain itu trust score suatu merchant
bergantung pada model trust score tersebut berasal dan fitur apa yang digunakan
untuk membangun model tersebut. Pada akhir eksperimen ditemukan bahwa trust
berlaku lintas platform dilihat dari beberapa trust model dan fitur yang memiliki
korelasi tinggi, namun hal ini tergantung pada fitur tertentu yang digunakan dalam
membangun trust model yang memiliki fungsi dan karakteristik penggunaan yang
sama.
Kata Kunci:
Trust model, social commerce, cross-platform
|
|