ABSTRAK
Nama : Raden Rara Intania Nurhanifah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengaruh Psychological Contract terhadap Purchase Intention
Melalui Penilaian Iklan Pada Akun Media Sosial Suatu Brand
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana peranan psychological
contract terhadap penilaian iklan di media sosial oleh followers dan bagaimana
penilaian tersebut berdampak pada purchase intention. Terdapat empat faktor
psychological contract yang dilihat pada penelitian ini, yakni good faith and fair
dealings (GFFD), relational benefit (RB), relational conditions (RC), dan intrinsic
relational characteristic (IRC). Faktor penilaian iklan yang diteliti adalah ads
avoidance, ads attitude, ads skepticism, dan ads credibility. Digunakan metode
kuantitatif dengan penggunaan kuesioner untuk penelitian ini. Sebanyak 813 data
responden yang berhasil terkumpul diolah dengan metode PLS-SEM dengan
bantuan software SmartPLS. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah
psychological contract dapat memengaruhi penilaian iklan di media sosial dan
penilaian tersebut dapat memengaruhi purchase intention dari followers.
Kata Kunci:
Psychological contract, iklan di media sosial, purchase intention, PLS-SEM
|
|