ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi web hotel bintang 5 berdasarkan aspek kualitas website, menganalisis kriteria yang paling menentukan kualitas website hotel bintang 5, dan mengeksplorasi kelemahan website hotel bintang 5. Penelitian ini mencakup tiga belas dimensi yaitu dimensi kelengkapan, relevansi, ketepatan waktu, estetika desain, kemudahan penggunaan, keaktifan situs, interaktivitas, keterlibatan virtual, jaminan, keamanan, kemampuan respon, empati dan privasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode entropi. Jumlah responden yang melakukan pengisian kuesioner penelitian ini sebanyak 152 responden. Hasil analisis menunjukkan dari 35 kriteria yang digunakan terpilih lima kriteria sebagai penentu kualitas website hotel bintang 5 antara lain informasi untuk menghubungi hotel tersedia pada website hotel misalnya telepon, faksimile, surat elektronik, dll, website hotel menampilkan informasi kamar yang lengkap dan terperinci, website hotel menggunakan logo hotel yang sudah terdaftar hukum, website hotel memastikan informasi reservasi yang dilakukan oleh pelanggan tidak diketahui pihak yang tidak berkepentingan, dan website hotel mempunyai jaminan keamanan pelanggan ketika menggunakan situs misalnya dengan protokol keamanan https. Kriteria yang memiliki bobot paling rendah pada setiap dimensi, menjadi kriteria yang dirasa pengguna kurang dipenuhi oleh website hotel bintang 5.