ABSTRAK
Nama : Emma Sharahwati
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan
Antarmuka Website Bimbingan Belajar Dengan
Pendekatan User-Centered Design (Studi Kasus:
Website Bimbingan Tes Alumni 45)
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini mulai membaik. Kemajuan tersebut
didukung oleh adanya teknologi sehingga menimbulkan kesadaran baru bahwa
Indonesia mampu meningkatkan pendidikannya dengan teknologi. Salah satu
bentuk pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah website bimbingan
belajar. Namun, di Indonesia masih sangat jarang bimbingan belajar yang memiliki
website. Bimbingan Tes Alumni 45 (BTA 45) adalah salah satu bimbingan belajar
di Jakarta yang memiliki website dengan fitur yang cukup lengkap. Namun, website
yang dibangun sejak tahun 2011, belum pernah dilakukan evaluasi usability.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik
dan kesulitan apa yang dihadapi oleh peserta didik selama menggunakan website
bimbingan belajar. Evaluasi usability dan perancangan desain perbaikan dilakukan
dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design. Evaluasi dilakukan
dengan survei online, usability testing, dan contextual interview dengan metode
kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya dipetakan pada prinsip Eight Golden
Rules of Interface Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usability website
bimbingan belajar BTA 45 perlu diperbaiki untuk meningkatkan motivasi belajar
dan kenyamanan siswa dalam menggunakannya. Rancangan desain perbaikan yang
telah dibuat mayoritas terbukti menyelesaikan permasalahan usability.
Kata Kunci:
Website bimbingan belajar, usability evaluation, desain antarmuka
|
|