ABSTRAK Nama : Emma Sharahwati Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Website Bimbingan Belajar Dengan Pendekatan User-Centered Design (Studi Kasus: Website Bimbingan Tes Alumni 45) Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini mulai membaik. Kemajuan tersebut didukung oleh adanya teknologi sehingga menimbulkan kesadaran baru bahwa Indonesia mampu meningkatkan pendidikannya dengan teknologi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah website bimbingan belajar. Namun, di Indonesia masih sangat jarang bimbingan belajar yang memiliki website. Bimbingan Tes Alumni 45 (BTA 45) adalah salah satu bimbingan belajar di Jakarta yang memiliki website dengan fitur yang cukup lengkap. Namun, website yang dibangun sejak tahun 2011, belum pernah dilakukan evaluasi usability. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan kesulitan apa yang dihadapi oleh peserta didik selama menggunakan website bimbingan belajar. Evaluasi usability dan perancangan desain perbaikan dilakukan dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design. Evaluasi dilakukan dengan survei online, usability testing, dan contextual interview dengan metode kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya dipetakan pada prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usability website bimbingan belajar BTA 45 perlu diperbaiki untuk meningkatkan motivasi belajar dan kenyamanan siswa dalam menggunakannya. Rancangan desain perbaikan yang telah dibuat mayoritas terbukti menyelesaikan permasalahan usability. Kata Kunci: Website bimbingan belajar, usability evaluation, desain antarmuka