ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Regina Carla Handayani
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Model Adopsi Instagram for Business oleh Usaha
Mikro, Kecil dari Menengah (UMKM) di Indonesia Berdasarkan
Stimulus-Organism-Response (S-O-R)
Perkembangan Internet dan perangkat telepon pintar secara langsung dapat
mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan media sosial. Peningkatan
pengguna media sosial dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM). Instagram sebagai platform komplementer dari e-marketplace
berpeluang besar dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Pada kenyataannya, di
Indonesia Instagram for Business belum secara efektif digunakan oleh UMKM.
Penelitian ini membangun model adopsi Instagram for Business berdasarkan model
Stimulus-Organism-Response (S-O-R) oleh UMKM. Metodologi penelitian
menggunakan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods), data kuantitatif
dikumpulkan melalui kuesioner kepada UMKM dan pembelinya di Instagram. Data
kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan dengan beberapa UMKM. Model
S-O-R digunakan pada penelitian sebelumnya mengenai impulse buying di
Facebook. Pada penelitian ini model S-O-R dikembangkan untuk menganalisis
response dari stimulus, berupa impulse buying, kepada UMKM dan pembelinya,
yang dianggap sebagai organism. Data responden yang terkumpul diolah
menggunakan SmartPLS 3. Hasil dari pengujian model S-O-R menunjukkan bahwa
respon impulse buying dari sudut pandang UMKM hanya dipengaruhi oleh stimulus
yang memiliki pengaruh positif secara langsung pada perceived usefulness yaitu
product availability, ease of use, visual appeal dan advertisement content yang
berdampak pada adopsi serta impulse buying. Apabila dari sudut pandang pembeli,
keseluruhan stimulus tersebut memiliki pengaruh positif terhadap perceived
usefulness dan perceived enjoyment yang mengestimasi respon perilaku impulsif
dari pembeli.
Kata Kunci: Social Commerce, Instagram for Business, UMKM, Online Impulse
Buying, Stimulus-Organism-Response, PLS-SEM
|