Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) sebagai salah satu instansi pemerintah berbentuk
badan layanan umum memiliki tugas pengelolaan kawasan perdagangan bebas dan
pelabuhan bebas Batam. Tugas tersebut diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan prosesproses
bisnis terkait pengelolaan pulau Batam, dengan dukungan sistem informasi dan
teknologi informasi. Adanya kebutuhan dukungan SI/TI, ketersediaan dan integritas
sistem informasi menjadi salah satu target kinerja unit TI pada BP Batam. Bencana atau
gangguan pada SI/TI dapat menurunkan tingkat ketersediaan sistem informasi yang
secara tidak langsung dapat mengganggu kelancaran proses bisnis, sehingga dibutuhkan
suatu rencana keberlangsungan dan pemulihan sistem yang sesuai dengan kondisi BP
Batam. Pada penelitian ini dilakukan perancangan Information Technology Disaster
Recovery Planning (IT DRP) dengan menggunakan standar pedoman NIST SP 800-34
Rev.1. Langkah pada tahapan penelitian terdiri dari pembutan kebijakan, analisis dampak
bisnis, identifikasi kontrol pencegahan, dan pembuatan strategi kontingensi. Kondisi
organisasi juga menjadi pertimbangan perancangan IT DRP. Hasil rancangan IT DRP
diharapkan dapat membantu pemulihan SI/TI secara efisien dan efektif dalam mendukung
proses bisnis BP Batam ketika terjadi bencana atau gangguan, serta dapat meningkatkan
tingkat ketersediaan sistem informasi BP Batam.
|
|