PT XYZ memiliki sebuah forum diskusi online dengan bisnis utama berupa iklan di dalam forum diskusi. Salah satu aset yang paling penting untuk PT XYZ adalah pengguna. Setiap pengguna yang mengunjungi forum diskusi dapat melihat iklan yang ada di forum dan berkontribusi terhadap bisnis PT XYZ. Dalam 6 tahun terakhir, terdapat penurunan pengguna sebesar 64%. Hal ini memberikan dampak pada menurunnya keuntungan bisnis PT XYZ. Sehingga, loyalitas pengguna merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh PT XYZ. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna forum diskusi PT XYZ. Faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna secara langsung terdiri dari kegunaan yang dirasakan, respons sikap pengguna, kualitas hubungan pengguna, dan kepuasan pengguna. Sedangkan faktor yang mempengaruhi secara tidak langsung terdiri dari pengaruh sosial, kemudahan dalam penggunaan, desain produk, kualitas argumen, kredibilitas sumber, informasi, pertukaran sosial dan rekreasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan structural equation model (SEM) sebagai pendekatan olah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna forum diskusi PT XYZ adalah kualitas hubungan antara forum diskusi PT XYZ dengan pengguna, yang dapat didorong dengan adanya kualitas argumen dan kredibilitas sumber dari thread yang ada di forum diskusi PT XYZ.