PT XYZ memiliki sebuah forum diskusi online dengan bisnis utama berupa iklan di dalam
forum diskusi. Salah satu aset yang paling penting untuk PT XYZ adalah pengguna.
Setiap pengguna yang mengunjungi forum diskusi dapat melihat iklan yang ada di forum
dan berkontribusi terhadap bisnis PT XYZ. Dalam 6 tahun terakhir, terdapat penurunan
pengguna sebesar 64%. Hal ini memberikan dampak pada menurunnya keuntungan bisnis
PT XYZ. Sehingga, loyalitas pengguna merupakan hal penting yang perlu diperhatikan
oleh PT XYZ. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi
loyalitas pengguna forum diskusi PT XYZ. Faktor yang mempengaruhi loyalitas
pengguna secara langsung terdiri dari kegunaan yang dirasakan, respons sikap pengguna,
kualitas hubungan pengguna, dan kepuasan pengguna. Sedangkan faktor yang
mempengaruhi secara tidak langsung terdiri dari pengaruh sosial, kemudahan dalam
penggunaan, desain produk, kualitas argumen, kredibilitas sumber, informasi, pertukaran
sosial dan rekreasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan structural
equation model (SEM) sebagai pendekatan olah data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna forum diskusi PT XYZ adalah
kualitas hubungan antara forum diskusi PT XYZ dengan pengguna, yang dapat didorong
dengan adanya kualitas argumen dan kredibilitas sumber dari thread yang ada di forum
diskusi PT XYZ.
|
|