Perusahaan teknologi yang bergantung pada aplikasi sebagai bisnis utama tentu
memperhatikan proses pengembangan produknya. Agar tetap unggul dalam persaingan
dengan kompetitor, perusahaan teknologi begitu memperhatikan kelincahan (agile)
dalam perkembangan produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar secara adaptif.
Proses yang berkualitas dan agile tentu dapat menghasilkan produk yang berkualitas
tinggi dan tepat sesuai kebutuhan. Pendekatan dalam proses pengembangan perangkat
lunak yang agile salah satunya ialah dengan kerangka kerja Scrum. Scrum merupakan
kerangka kerja yang terus mengalami pembaruan dan tertuang dalam Scrum Guide.
Penelitian ini fokus pada penilaian kematangan Scrum dan penyusunan rekomendasi
perbaikan implementasi Scrum dengan tempat studi kasus di PT Sepulsa Teknologi
Indonesia. Sepulsa telah menerapkan Scrum selama tiga tahun terakhir. Rekomendasi
mengenai perbaikan implementasi Scrum diperlukan sebagai langkah lanjutan hasil
evaluasi kematangan Scrum dengan melakukan Aprraisal mengikuti Standard CMMI
Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI C) berbasis Scrum Maturity
Model (SMM) yang telah diperbarui dengan Scrum Guide 2017, lalu membentuk
instrumen mengikuti format PST Tools. Penilaian tingkat kematangan di Sepulsa
dilakukan pada produk bisnis Archipelago dan produk bisnis BPA. Selanjutnya, praktikpraktik
yang belum terpenuhi dari hasil penilaian akan akan disusun rekomendasi
perbaikannya dengan pendekatan Deming’s Plan, Do, Check, Act (PDCA) Cycle dan
didasarkan dari Scrum Guide 2017. Hasilnya tingkat kematangan dinilai mencapai Level
2 dengan nilai pencapaian di sub-goals 2.1 Basic Scrum sebesar 91,67% (Fully Achieved);
2.2 Software Requirements Engineering sebesar 100% (Fully Achieved); 3.1 Customer
Relationship Management sebesar 95,46% (Fully Achieved); dan, 3.2 Iteration
management sebesar 94,74% (Fully Achieved). Kemudian rekomendasi yang akan
dilakukan adalah praktik 3.1.3.4 menjelaskan kondisi Product Backlog Items yang telah
selesai oleh Product Owner saat Sprint Review dan praktik 3.2.2.4 Sprint dengan Sprint
Goal yang sudah kedaluarsa akan di akhiri segera.
|
|