Layanan diseminasi data statistik melalui website BPS belum memenuhi harapan para
pengguna website. Hal ini dapat dilihat melalui hasil Survei Kebutuhan Data (SKD) 2017
BPS yang menunjukkan adanya kesenjangan antara harapan pengguna website dengan
kepuasan yang diterima. Selain itu berdasarkan hasil penilaian Open Data Inventory
(ODIN), website BPS belum memenuhi kriteria penilaian kualitas website internasional
terutama dalam hal penilaian kelengkapan cakupan dan keterbukaan data. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk merancang strategi peningkatan kualitas website diseminasi
data BPS agar website BPS dapat memenuhi harapan pengguna website dan memenuhi
penilaian internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan
kualitatif (mixed methods). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei
kepada beberapa sampel pengguna website. Data hasil survei dikelompokkan ke dalam
kuadran matriks IPA. Atribut layanan website yang berada pada kuadran concentrate here
dan keep up the good work akan menjadi fokus perbaikan. Delapan atribut website pada
kuadran concentrate here perlu menjadi prioritas perbaikan organisasi seperti keakuratan
data, kemudahan penggunaan website, keterbaruan data, dan kelengkapan data. Sepuluh
atribut yang terdapat dalam kuadran keep up the good work merupakan atribut yang
penting untuk dipertahankan kinerjanya oleh organisasi. Strategi perbaikan kualitas
website diusulkan melalui studi literatur yang dikonfirmasi melalui wawancara kepada
narasumber. Urutan dan prioritas perbaikan website secara teknis disusun dengan
menggunakan Quality Functional Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa BPS perlu untuk melakukan optimasi pemrograman website, merancang ulang
layout website, membuat forum data statistik, menyelenggarakan statictical capacity
building, serta meningkatkan interoperabilitas data.
|
|