Penerimaan e-learning pada suatu organisasi menjadi kunci penting dalam menentukan kesuksesan penggunaan sistem. Diketahui penerimaan e-learning MA RI tidak mencapai target. Oleh karena itu perlu membangun motivasi pegawai dalam menggunakan e-learning, salah satu hal yang penulis pandang penting adalah dukungan lingkungan pembelajaran organisasi dalam bentuk dukungan manajerial, dukungan kerja, dan dukungan organisasi, dukungan pekerjaan dan dukungan teman. Oleh karena itu tujuan pertama penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan pembelajaran organisasi dalam mendorong motivasi pegawai berdasarkan teori SDT dalam menggunakan e-learning MA RI. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui pengaruh tiga kebutuhan psikologi dasar manusia yang terdiri dari perceived autonomy, perceived relatedness, perceived competence dimana merupakan variabel SDT terhadap persepsi kemudahan dan kebermanfaatan e-learning MA RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived autonomy, perceived relatedness, perceived competence mempengaruhi faktor-faktor tersebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Persepsi keterkaitan (relatedness) tidak terbukti mempengaruhi kemudahan penggunaan dan manfaat penggunaan e-learning MA RI.