ABSTRAK
Setiap organisasi perlu melakukan penggalian kebutuhan bisnis dan mengevaluasi
sumber daya SI/TI sehingga diperoleh peluang yang dapat dimanfaatkan dan
dikembangkan oleh para pelaku yang terlibat di dalamnya. Dengan mengusung 3 pilar
yaitu Emergency Roadside Assistance, Contact Center dan Customer Relationship
Management, PT XYZ terus gencar berevolusi dan berinovasi dalam bisnisnya. Dalam
rencana kerja tahun 2018, PT XYZ dituntut untuk meningkatkan inovasi layanan dalam
kerangka Digitalization Program. Keadaan ini mengharuskan PT XYZ untuk memiliki
perencanaan strategis SI/TI yang mumpuni untuk mengubah gaya konvensional menjadi
digital. Untuk menjalankan program PQR Digitalization, PT XYZ harus siap baik dari
segi sumber daya manusia maupun dalam sumber daya SI/TI yang ada. Dari hasil survei
dan wawancara terkait SI/TI di PT XYZ menunjukkan bahwa tim TI masih mengalami
kekurangan jumlah karyawan, response terhadap problem belum sesuai ekspektasi dan
aplikasi yang ada dalam mendukung pekerjaan operasional ada yang belum memadai.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perencanaan strategis SI/TI bagi PT XYZ
agar selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Kerangka kerja yang digunakan adalah
kerangka kerja Ward & Peppard dengan alat analisis terdiri dari Business Model
Canvas, Value Chain, Critical Success Factor, SWOT, Porter’s Five Forces, PESTLE
Analysis, dan McFarlan Strategic Grid. Penelitian ini menghasilkan perencanaan
strategis SI/TI yang terdiri dari strategi SI, strategi TI dan strategi Manajemen SI/TI
yang selaras dengan rencana strategis perusahaan dalam kerangka PQR Digitalization.
Strategi SI menghasilkan 55 aplikasi yang membantu otomatisasi proses pengelolaan
data pelanggan, mendukung kegiatan market research dan memberikan pelaporan
secara efektif terutama kepada pihak manajemen dan business partner. Strategi TI
terdiri dari pengadaan perangkat mobile untuk pengecekan sarana dan prasarana,
pengadaan infrastruktur untuk keperluan big data dan penambahan jaringan ke business
partner. Strategi Manajemen SI/TI meliputi perumusan kebijakan SOP TIK, perekrutan
dan pembentukan struktur tim System Development dan tim Data Mining Analyst serta
pelatihan terkait big data analytic, teknologi digital dan teknis terkait aplikasi.
|