ABSTRAK
PT. Indosat Tbk adalah salah satu perusahaan yang berkembang pada industri
telekomunikasi. Namun, PT. Indosat Tbk memiliki permasalahan mengenai customer
satisfaction yang cenderung menurun dari tahun ke tahun. Data media sosial, terutama
twitter, menawarkan data mengenai opini publik yang sangat padat. Namun data twitter
yang masih bersifat unstructured diperlukan proses lebih lanjut untuk dapat menemukan
dimensi-dimensi beserta sentimen masyarakat terhadap dimensi tersebut. Latent Dirichlet
Allocation (LDA) dengan Generative Statistical modelnya memungkinkan suatu set data
pengamatan dapat dijelaskan oleh kelompok yang tidak teramati. Penelitian ini
menentukan 30 kelompok kata representatif dari hasil LDA. Hasilnya terdapat 18 dimensi
yang paling banyak dibicarakan mengenai Indosat pada linimasa twitter. Dimensidimensi
tersebut mewakili 14 dimensi yang sudah ditemukan pada penelitian-penelitian
sebelumnya mengenai kepuasan pelanggan pada layanan telekomunikasi, bahkan dengan
LDA mendapatkan dimensi lebih detail dan lebih real time. Masing-masing dokumen
dalam dimensi tersebut diberi label sentimennya, dan ditentukan akurasinya
menggunakan supervised classification, hasilnya adalah 72% akurasi dengan model
Naive Bayes Classification. Mengabaikan sentimen netral, sentimen negatif Indosat
masih lebih tinggi daripada sentimen positifnya, yaitu dengan 16% sentimen negatif.
Persentase negatif tersebut masih didominasi dengan dimensi berkaitan dengan layanan
Indosat. Sementara dominasi sentimen positif ada pada dimensi yang berhubungan
dengan ketersediaan layanan untuk pengguna.
|