ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Pristi Sukmasetya Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Strategi Peningkatan Kualitas User Experience pada Aplikasi E-Government dengan Pendekatan Dimensi Lintas Budaya Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang demikian pesat telah masuk ke berbagai sektor kehidupan baik sektor bisnis, pendidikan, hingga Pemerintahan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-Government mempunyai manfaat dan dampak yang signifikan. Walaupun implementasi e-Government memberikan berbagai manfaat dan keuntungan seperti yang disebutkan namun pada banyak kasus penerapan e-Government mengalami kegagalan. Akan tetapi, penyebab kegagalan implementasi e-Government di Indonesia ternyata disinyalir tidak selalu terkait dengan ketersediaan teknologi informasi tetapi juga dari faktor lain seperti budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menyusun strategi peningkatan kualitas user experience dengan pendekatan cross cultural dimension. Penyusunan strategi bisa dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana budaya dapat mempengaruhi user experience e-Government. Untuk melakukan hal tersebut, penelitian ini menggunakan mix method dalam beberapa tahapan yang dilakukan. Pendekatan kualitatif seperti literatur review digunakan untuk mengetahui dimensi budaya yang kemudian divalidasi kepada expert antropologi dan user experience untuk mengetahui keterkaitan dan kebenaran konsepnya. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan survei pada responden suatu aplikasi e-Government untuk melihat user experience dan budaya dari responden tersebut. Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa ada beberapa dimensi budaya yang mempengaruhi (berkorelasi positif) dengan user experience seseorang dalam menggunakan aplikasi seperti dimensi budaya indulgence vs restrain, uncertainty avoidance, achievement-ascription, action chain, power distance, long term orientation, dan mode of activity. Dari temuan tersebut nantinya akan diberikan strategi untuk bisa meningkatkan kualitas user experience. Kata Kunci : User Experience, Cross Cultural Dimension, E-Government