ABSTRAK
Nama : Alifa Fathia Khaerani
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor Kepercayaan Konsumen dan Pengaruh
Trust Transfer terhadap Repurchase Intention Layanan Go-Life
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc & Ave Adriana Pinem,
S.Kom., M.Kom
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
kepercayaan konsumen terhadap penyedia online on-demand service di Indonesia
yaitu Go-Life. Faktor-faktor yang digunakan dalam model penelitian ini diadopsi
dari teori mobile service quality (M-S-QUAL) framework. Penelitian ini juga
bertujuan untuk menganalisis mengenai ada atau tidaknya mekanisme trust transfer
pada pihak-pihak yang terlibat dalam layanan Go-Life. Mekanisme trust transfer
umumnya melibatkan tiga pihak yaitu trustor, trustee, dan third party. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui
kuesioner yang disebar secara online. Analisis data dilakukan pada data 625
responden pengguna Go-Life menggunakan metode partial least square structural
equation modelling (PLS-SEM) dengan bantuan tool SmartPLS (v.3.2.8).
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, ditemukan bahwa faktor efficiency,
fulfillment, privacy, responsiveness, dan content berpengaruh secara positif pada
kepercayaan konsumen terhadap Go-Life. Hasil penelitian ini juga menunjukkan
adanya mekanisme trust transfer yang terjadi di antara konsumen sebagai trustor,
Go-Life sebagai third party, dan mitra Go-Life sebagai trustee. Di samping itu,
penelitian ini juga menemukan bahwa kepercayaan konsumen terhadap Go-Life
dan kepercayaan konsumen terhadap penyedia layanan terbukti berpengaruh positif
terhadap repurchase intention layanan Go-Life.
Kata kunci:
Kepercayaan, trust transfer,
|
|