ABSTRAK
Nama : Stefanus James Aditya
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Prototipe Game-Based Learning dengan Materi Branch
and Bound
Pembimbing : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal
M.Sc.
E-Learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi, baik yang difasilitasi dengan jaringan internet
maupun tidak. Penggunaan teknologi inipun menghasilkan dampak positif dan negatif.
Salah satu dampak positif berupa kemudahan akses pada informasi, sedangkan dampak
negatifnya adalah membuat pelajar malas sehingga pembelajaran tidak efektif. Usaha
yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif ini adalah dengan menggunakan game.
Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, survei mengenai tingkat kesulitan
mata kuliah Desain dan Analisis Algoritma yang diisi oleh mahasiswa menunjukkan
bahwa terdapat materi yang dirasa sulit. Penelitian dilakukan untuk membuat rancangan
pembelajaran berbasis game untuk materi algoritma branch and bound dengan tujuan
mempermudah pembelajaran. Pengumpulan kebutuhan dilakukan dengan menggunakan
survei yang disebarkan secara daring, kemudian rancangan desain game dibuat
berdasarkan kebutuhan yang diperoleh dan prinsip-prinsip pengembangan game. Game
yang sudah dibuat kemudian dievaluasi dengan cara playtesting yang dilakukan oleh
mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Evaluasi tersebut dilakukan
untuk mendapatkan rancangan yang lebih baik untuk iterasi pengembangan berikutnya.
Hasil dari playtesting game menunjukkan respon positif dari pemain dan banyak
menerima kritik dan saran perbaikan. Penelitian ini menemukan bahwa rancangan
pembelajaran berbasis game yang baik cukup sulit karena setiap elemen pada game harus
seimbang dan saling komplemen, sehingga harus hati-hati dalam merancang desain game.
Hasil playtesting menunjukkan bahwa game yang dikembangkan mendapat respon positif
dari playtester.
Kata kunci:
Edukasi, Pembelajaran Berbasis Game, Pengembangan Game, Branch and Bound
|
|