ABSTRAK Nama : Farhan Ramadhan Anwar Program Studi : S1 Sistem Informasi Judul : Playability Evaluation pada Aplikasi Self-Control dengan Konsep Gamification Untuk Mengurangi Distraksi Smartphone: Studi Kasus Forest Pengembang aplikasi berlomba lomba untuk membuat penggunanya terus menerus menggunakan aplikasi yang mereka kembangkan. Di sisi pengguna, ternyata perkembangan tersebut menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan smartphone yang membuat individu tersebut berisiko untuk tidak fokus, suka menunda pekerjaan, dan lain lain. Salah satu upaya yang sudah dilakukan untuk mengurangi gangguan dari smartphone tersebut adalah pengembangan self-control application yang mengimplementasi konsep gamification. Namun tidak banyak penelitian yang mengevaluasi bagaimana aplikasi self-control tersebut dilihat dari aspek usability maupun playability dari aplikasi tersebut. Penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi bagaimana playability dari aplikasi self-control, khususnya aplikasi yang menggunakan konsep gamification, dalam lingkup Jabodetabek dan dengan target penelitian adalah individu berumur 18-25 tahun. Penelitian ini memfokuskan pada satu aplikasi studi kasus bernama Forest. Forest merupakan salah satu aplikasi self-control yang ada di Google Playstore dan Apple Store dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 50 juta. Secara garis besar, penelitian ini menggunakan mixed-method sebagai metodologi penelitian dan juga player-centered design untuk merancang desain alternatif aplikasi. Mixed-method merupakan kombinasi dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah. Player-centered design merupakan metodologi desain yang memfokuskan player sebagai fokus utama dari perancangan. Player-centered design digunakan karena aplikasi studi kasus menggunakan konsep gamification pada hampir seluruh fitur-fiturnya. Dari hasil evaluasi tersebut didapatkan 14 masalah playability yang ada pada aplikasi Forest versi 4.7.1. Selanjutnya hasil evaluasi tersebut dijadikan landasan untuk mendesain solusi alternatif berupa clickable prototype. Kata kunci: Evaluasi, Forest, gamification, playability, player-centered design, selfcontrol application.