ABSTRAK
Nama : Farhan Ramadhan Anwar
Program Studi : S1 Sistem Informasi
Judul : Playability Evaluation pada Aplikasi Self-Control dengan
Konsep Gamification Untuk Mengurangi Distraksi
Smartphone: Studi Kasus Forest
Pengembang aplikasi berlomba lomba untuk membuat penggunanya terus menerus
menggunakan aplikasi yang mereka kembangkan. Di sisi pengguna, ternyata
perkembangan tersebut menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan smartphone
yang membuat individu tersebut berisiko untuk tidak fokus, suka menunda pekerjaan, dan
lain lain. Salah satu upaya yang sudah dilakukan untuk mengurangi gangguan dari
smartphone tersebut adalah pengembangan self-control application yang
mengimplementasi konsep gamification. Namun tidak banyak penelitian yang
mengevaluasi bagaimana aplikasi self-control tersebut dilihat dari aspek usability
maupun playability dari aplikasi tersebut. Penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi
bagaimana playability dari aplikasi self-control, khususnya aplikasi yang menggunakan
konsep gamification, dalam lingkup Jabodetabek dan dengan target penelitian adalah
individu berumur 18-25 tahun. Penelitian ini memfokuskan pada satu aplikasi studi kasus
bernama Forest. Forest merupakan salah satu aplikasi self-control yang ada di Google
Playstore dan Apple Store dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 50 juta. Secara
garis besar, penelitian ini menggunakan mixed-method sebagai metodologi penelitian dan
juga player-centered design untuk merancang desain alternatif aplikasi. Mixed-method
merupakan kombinasi dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif agar mendapatkan
pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah. Player-centered design merupakan
metodologi desain yang memfokuskan player sebagai fokus utama dari perancangan.
Player-centered design digunakan karena aplikasi studi kasus menggunakan konsep
gamification pada hampir seluruh fitur-fiturnya. Dari hasil evaluasi tersebut didapatkan
14 masalah playability yang ada pada aplikasi Forest versi 4.7.1. Selanjutnya hasil
evaluasi tersebut dijadikan landasan untuk mendesain solusi alternatif berupa clickable
prototype.
Kata kunci: Evaluasi, Forest, gamification, playability, player-centered design, selfcontrol
application.
|
|