ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti transaksi workflow ayng dapat memperlihatkan otomasi proses bisnis pada prosedur klaim asuransi mobil dengan menerapakan Sistem Manajemen Workflow. Dalam penelitian ini, proses bisnis pada prosedur klaim asuransi mengacu pada proses manual yang diterapkan selama ini. Permsalahan yang dihadapi pada proses manual ini adalah waktu normal untuk penyelesaian satu proses klaim asuransi adalah + 3 jam x 24 jam atau bisa lebih. Penelitian ini dibatasi pada masalah routing dari workflow untuk mengotomatisasn alur kerja, dengan menggunakan konsep workflow berbasis routing. Dalam perancangan prototipe sistem klaim termasuk aruransi. Permodelan visual dilakukan dengan menggunakan Rational Rose 2000. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah prototipe sistem klaim asuransi untuk mengotomasi alur kerja dari proses bisnis.Hasil uji coba yang dilakukan terhadap prototipe sistem klaim asuransi menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk seluruh proses klaim bisa dikurangi menjadi 2x24 jam saja. Asuransi dalam uji coba ini adalah orang-orang yang terlibat dalam proses klaim asuransi berada di depan terminal komputer masing-masing. Namun, prototipe sistem klaim asuransi masih memiliki kelemahan, yaitu tidak mengakses Time Management untuk mengganti batas waktu state, dan penggunaan ActiveX Date TimePicket yang gagal dalam proses binding ke database. Untuk mengatasi masalah-masalah yang lebih komplek, prototipe yang dibuat dalam penelitian ini dapat dikembangkan leibh lanjut.