ABSTRAK

PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak di industri otomotif dan dikenal sebagai agen tunggal pemegang merk (ATPM) untuk merk kendaraan niaga kelas dunia asal negara Jerman serta memiliki jaringan dealer di seluruh Indonesia. PT XYZ sangat menaruh perhatian khusus dalam hal layanan purna jual terutama pada suku cadang kendaraannya. Pada industri otomotif terutama pada kendaraan niaga itu sendiri pengelolaan suku cadang menjadi faktor penting keberhasilan penjualan unit kendaraan tersebut. Dari hal ketersediaan, penjualan, hingga pendistribusian ke dealer-dealer seluruh Indonesia. Jumlah data yang besar dalam pengelolaannya menyulitkan PT XYZ dalam memproses analisis data dan juga membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi pada permasalahan tersebut melalui implementasi data warehouse dan menggunakan business intelligence dalam membuat dashboard monitor. Pendekatan data warehouse digunakan adalah pendekatan Kimball yang dikemukakan oleh Kimball dan Ralph. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi lapangan, dan wawancara dengan dengan narasumber dari unit kerja yang berkaitan dengan pengelolaan suku cadang di perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi data warehouse serta dashboard business intelligence yang dapat menjawab kebutuhan informasi dari PT XYZ.