ABSTRAK ABSTRAK
Laporan ini diajukan oleh:
Nama
: Fitri Nur Aisyah
NPM
: 1606862734
Program Studi
: Sistem Informasi
Judul Ker
j a Praktik : Im plementasi Dashboard Customer Relationship Management
untuk Mendukung Efektivitas Perform a Campaign pada Gojek
Kerja praktik dilaksanakan untuk memenuhi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu
Komputer Universitas Indon esia. Penulis melaksanakan kerja praktik di PT Aplikasi
Karya Anak Bangsa (Gojek) sebagai Customer Relationship Management ( D ata
Analyst selama sepuluh minggu, yaitu pada tanggal 17 Juni 2019 hingga 30 Agustus 2019.
Penulis bertanggung jawab dalam pen gembangan dashboard untuk m endukung prose s
reporting dari tahap perencanaan hingga implementasi. Dashboard CRM dikembangkan
dengan BigQuery dan Tableau. Beberapa kendala seperti bisnis proses dan data
warehouse yang rumit ditangani dengan literasi dan vali dasi kepada tim terkait. K e rja
praktik in i merupakan program terstruktur dengan nama GoXplore, yang memberikan
berbagai program ta mbahan seperti pembelajaran public speaking dan problem solving
Kata kunci:
Gojek, Kerja Praktik, Data Analyst, Customer Rel
ationship Management
|