Nama : Rismanti Amalia Nurahmawati
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Perpindahan Berbelanja
Kebutuhan Sehari-hari Secara Langsung menjadi Daring dengan Efek
Moderasi Jenis Kelamin
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom, M.Sc. dan Ave Adriana Pinem,
S.Kom., M.Kom.
E-grocery merupakan sistem penjualan yang diterapkan oleh ritel atau supermarket untuk
memasarkan produk secara online. Dukungan dari teknologi yang semakin meningkat
dan anggaran untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang besar menyebabkan aplikasi
e-grocery semakin banyak dikembangkan dan diperkenalkan di masyarakat. Walaupun
demikian, minat masyarakat dalam menggunakan e-grocery di Indonesia masih cukup
kurang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi niat beralih konsumen dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari secara
langsung menjadi daring dengan menggunakan efek moderasi jenis kelamin. Kemudian,
dari hasil pengumpulan data terkumpul sebanyak 522 responden valid. Data tersebut
kemudian dianalisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation
Modelling (CB-SEM) dengan bantuan software AMOS 21.0. Hasil pengolahan data dan
analisis data menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi niat beralih konsumen dari
berbelanja secara langsung menjadi daring di Indonesia adalah perceived in channel-risk,
perceived in price-search intentions, mobilty, perceived in delivery. Selain itu, efek
moderasi jenis kelamin secara signifikan memoderasi faktor yang memengaruhi niat
beralih konsumen.
Kata kunci: E-Grocery, Switching Intention, AMOS, Moderating Variable, Covariance
Based Structural Equation Modelling
|
|