ABSTRAK Nama : Febrian Fikar Farras Hendra Syahputra Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Modul E-Learning Interaktif Berdasarkan Preferensi Visual dan Global dalam Gaya Belajar Felder-Silverman Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D. Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc, M.Bus. Isu perbedaan gaya belajar menyebabkan beberapa pelajar merasa kurang maksimal belajar di dalam kelas, kemudian muncul e-Learning yang menawarkan kebebasan mencari informasi pembelajaran, namun kebebasan tersebut tidak dapat menjamin cakupan materi yang dilalui pelajar. Menurut penelitian-penelitian sebelumnya, pembelajar akan lebih mengelaborasi materi jika disuguhkan secara interaktif. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini bermaksud untuk memberikan desain interaksi alternatif untuk modul e-Learning dengan menambahkan berbagai fitur terutama dalam hal visual supaya penggunaan menjadi lebih mudah dan interaktif. Dengan menggunakan metode user-centered design (UCD) penelitian ini memiliki beberapa tahap penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan purwarupa desain interaksi dan hasil evaluasi desain interaksi. Hasilnya adalah pemetaan konten materi dan cara navigasi konten materi yang kemudian dibuat menjadi sebuah purwarupa modul e-Learning interaktif. Purwarupa dievaluasi dengan wawancara kontekstual untuk mendapatkan kritik dan saran mengenai konten materi dan interaksi yang ada pada modul e-Learning interaktif. Setelah dievaluasi, purwarupa yang dibuat ternyata cukup baik dan sesuai dengan harapan pengguna dalam hal penjabaran konten, navigasi konten, dan dalam hal interaktifitas keseluruhan modul. Kata kunci: desain interaksi, e-Learning, visual, user-centered design