ABSTRAK
Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pembina dan penyelenggara manajemen
kepegawaian memiliki tugas dan fungsi diantaranya mengelola mutasi kepegawaian
Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berdasarkan Rencana Strategis BKN 2015 – 2019 salah
satu tugas BKN yang adalah “Mengelola dan mengembangkan sistem informasi
kepegawaian Pegawai Negeri Sipil”. Untuk mendukung pelaksanaan manajemen
kepegawaian nasional dan peningkatan pelayanan kepegawaian terhadap PNS dibutuhkan
database PNS yang akurat dan terkini. Ketika melaksanakan tugas dan fungsi ini, BKN
sering mendapatkan masalah perbedaan data yang disebabkan kesalahan sistem,
kesalahan operator sistem atau karena lainnya. Dalam karya akhir ini penulis melakukan
pengukuran kualitas data kepegawaian memakai dimensi kualitas data sesuai dengan
Loshin’s Data Quality Maturity Model agar bisa menjadi dasar data yang dipakai oleh
produk sistem informasi yang dihasilkan oleh BKN. Aktivitas yang dilakukan untuk
mencari tingkatan kualitas data, keadaaan menajemen kualitas data, harapan manajemen
kualitas data, dan juga rekomendasi perbaikan kualitas data melalui tiga proses
pengumpulan data yaitu wawancara terbuka, observasi langsung, dan analisis dokumen.
Penelitian karya akhir ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi dalam
memperbaiki manajemen kualitas data kepegawaian dengan berfokus pada dua tabel
utama yaitu Tabel ORANG dan Tabel PNS. Rekomendasi yang di dapat melalui
pemetaan model oleh Patel dan Ramchandran (2009) yaitu Agile Maturity Model
(AMM), menghasilkan 48 rekomendasi yang terdiri dari 10 rekomendasi perbaikan
permasalahan data PNS yang telah ada, antara lain penambahan otomatisasi validasi,
pemeriksaan dan perbaikan kembali data yang sudah ada di database BKN, serta
penambahan fitur pemberitahuan kepada pengelola data jika ada terindikasi sumber
masalah. Selain itu ada 38 rekomendasi untuk perbaikan peningkatan manajemen
kualitas data. Rekomendasi tersebut dibagi berdasarkan delapan komponen penilaian.
Komponen harapan kualitas data mempunyai rekomendasi di identifikasi dan
dokumentasi harapan kualitas data, syarat kualitas data yang baik, profil dan analisis
harapan kualitas data, mengembakan metode penilai dampak bisnis, pemantauan dan
validasi proses, dan penetapan serta evaluasi layanan kualitas data.
|