ABSTRAK
Perangkat lunak merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu kunci
kesuksesan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi banyak perusahaan di era
industri 4.0. Kualitas dari perangkat lunak tentu menjadi perhatian perusahaan untuk
kelangsungan bisnis mereka khususnya bagi perusahaan yang bergerak di industri
perangkat lunak. Cloud Service Provider XYZ (XYZ) merupakan sebuah perusahaan
yang bergerak di bidang Platform-as-a-Service (PaaS) yang memberikan layanan yang
fokus pada developer experience (DX) sehingga bisa memanfaatkan teknologi terkini
untuk memberikan nilai lebih pada perangkat lunak yang dibuat. Sebagai startup baru,
XYZ berencana melakukan branding dengan menunjukkan bahwa PaaS yang
diberikannya memiliki kualitas yang menunjang kebutuhan developer dan meyakinkan
mereka bahwa XYZ tidak kalah dengan PaaS yang disediakan oleh perusahaan besar di
lingkup internasional. Sehingga, menjaga kualitas perangkat lunaknya merupakan hal
yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis mereka. Namun, XYZ menemukan
kekurangan pada layanannya dan belum mampu mengukur kesiapan produknya.
Penelitian ini ditujukan untuk melakukan evaluasi kematangan kualitas perangkat lunak
yang dikembangkan oleh XYZ. Penelitian ini menggunakan Software Product Quality
Maturity Model (SPQMM) dengan ISO/IEC 25010 sebagai acuan karakteristik
perangkat lunak yang dievaluasi. Pengukuran karakteristik mengacu pada ISO/IEC
25022 untuk aspek Quality in Use dan ISO/IEC 25023 untuk aspek Software Product
Quality. Selanjutnya, peneliti juga menganalisis usulan perbaikan yang dapat dilakukan
sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas produk perangkat lunak. Usulan
perbaikan diperoleh dari hasil pengukuran dan ulasan pengguna. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan perangkat lunak XYZ berada pada tingkat
3 yaitu Neutral. Hal tersebut diperoleh dari pemetaan tingkat integritas yang berada
pada tingkat Sangat Rendah dan tingkat kualitas keseluruhan sistem sebesar 75,45%. Di
samping itu, secara garis besar ulasan perbaikan yang diperoleh adalah diperlukannya
sistem logging untuk memudahkan proses penelusuran kejadian, penerapan proses
pengujian yang lebih lengkap dan otomatis, diperlukannya sistem monitoring proses,
serta beberapa ulasan pengguna dari sisi penambahan fitur seperti kompatibilitas bahasa
pemrograman lain dan penambahan channel pembayaran
|