PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat terbang atau
yang disebut dengan Maintenance Repair Overhaul (MRO). Dashboards Business
Intelligence (BI) hadir di tengah bisnis perusahaan dan diharapkan mampu memberikan
data-data yang akurat secara cepat guna aktivitas pengambilan keputusan strategis oleh
para pemimpin perusahaan. Ekspektasi awal dari kedua proyek tersebut mampu
memberikan data-data dashboards yang cepat dan tentunya akurat. Realita menunjukan
data yang digunakan untuk mendukung kegiatan analisa strategis dan pengambilan
keputusan tidak cepat selama kurang lebih 3 tahun dashboards BI diimplementasikan.
Salah satu penyebabnya adalah rendahnya penggunaan dashboards BI yang menjadi
fokus masalah penelitian. Tujuan penelitian yaitu mendapatkan faktor-faktor penyebab
penggunaan dashboard rendah pada PT. XYZ dan apa saja perbaikan untuk
meningkatkan penggunaan dashboard yang rendah. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan mixed method antara kuesioner user testing dan heuristic evaluation serta
inspeksi yang dilakukan oleh responden. Hasil dari kedua metode adalah mendapatkan
faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan dashboards rendah. Faktor-faktor tersebut
di antaranya adalah flexibility, efficiency, error detected, error control and help, user’s
satisfaction, dan application’s behaviour yang akan memberikan rekomendasi bagi PT
XYZ berdasarkan hasil inspeksi dari ahli-ahli BI. Saran penelitian didapatkan
berdasarkan hasil inspeksi beberapa ahli BI yang mengacu pada seluruh faktor perbaikan
dashboard BI PT XYZ. Adapun saran penelitian di antaranya adalah meningkatkan
efisiensi, kecepatan akses, fleksibilitas,, user’s satisfaction melalui dashboard yang user
friendly, dan perbaikan beberapa error serta penambahan fitur help sebagai informasi
penggunaan dashboard. Seluruh saran penelitian menjadi rekomendasi peneliti dan telah
divalidasi oleh beberapa ahli BI
|
|