ABSTRAK
Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari
sebuah server komputer. Fungsi dari nama domain itu sendiri adalah untuk
mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website. Domain
kategori Top Level Domain (TLD) dibagi menjadi dua jenis, yaitu global Top Level
Domain (gTLD) dan country code Top Level Domain (ccTLD). gTLD yaitu .com, .net,
.gov, .biz, sedangkan ccTLD .id, .uk, .sg. Pada bulan Juni 2019 pengguna domain .id
berjumlah 318.090. Dalam mendukung pendaftaran domain, PANDI bekerja sama
dengan para registrar. Registrar merupakan perusahaan atau organisasi yang menerima
pendaftaran suatu nama domain, registrar juga memiliki reseller dalam mendukung
pendaftaran domain. Terdapat 20 registrar terakreditasi oleh PANDI yang melakukan
penjualan domain .id melalui kanal website, namun data yang diperoleh pada penjualan
.id masih rendah pada masing-masing registrar dan terlihat juga perbedaan yang
mencolok. Terdapat registrar yang memiliki penjualan domain .id yang banyak, namun
terdapat juga registrar yang memiliki penjualan domain .id yang sedikit. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pengguna dalam
membeli sebuah domain .id melalui kanal website dengan menggunakan model penelitian
gabungan dari Website Quality, Theory of Planned Behavior, Website Brand Equity dan
Social Website Interactivity. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner secara online. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial List
Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari uji hipotesis faktor-faktor
yang memengaruhi pembelian domain .id melalui kanal website, menunjukkan bahwa
trust, brand experience dan brand choice memengaruhi niat pembelian domain .id
sedangkan attitude dan emotional value tidak memengaruhi niat pembelian domain .id
melalui kanal website.
|