PT. XYZ adalah sebuah pasar daring dan salah satu dari empat unicorn teknologi di
Indonesia. Untuk menyasar pasar luring, PT. XYZ meluncurkan aplikasi baru Mitra XYZ
di awal 2018. Target utama aplikasi ini adalah warung dan toko kelontong tradisional
dengan fitur seperti "Belanja Grosir". Namun, target penerimaan Belanja Grosir di akhir
2018 tidak mencapai target. Berdasarkan analisis akar masalah, isu yang berusaha
dipecahkan oleh penelitian ini adalah mencari metode sistem rekomendasi produk yang
bisa diterapkan bagi pembeli grosir. Penelitian dimulai dari pemahaman data terhadap
struktur, karakteristik, hingga fungsinya. Data lalu diproses dan dibersihkan agar bisa
menjadi masukan untuk teknik penggalian data. Penggalian data dilakukan menggunakan
bahasa pemrograman R dengan paket utama cluster, arules, dan factoextra. Sistem
rekomendasi terdiri dari dua tahapan: (1) segmentasi pelanggan dan (2) analisis keranjang
belanja. Segmentasi pelanggan dilakukan dengan algoritme klustering CLARA
dikombinasikan dengan model LRFM. Hasil segmentasi menemukan bahwa pelanggan
Belanja Grosir terbagi ke dalam empat kelompok dengan karakteristik yang berbeda.
Berikutnya, analisis keranjang belanja dilakukan untuk setiap empat kelompok ini
menggunakan algoritme penggalian pola asosiasi ECLAT. Dari analisis, ditemukan
bahwa produk rokok dan kopi sachet mendominasi kombinasi produk yang sering dibeli
bersamaan. Berdasarkan informasi ini, PT. XYZ bisa membuat strategi penjualan dan
pemasaran melalui rekomendasi produk.
|
|