ABSTRAK
Nama : Athifa Michel
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Kerja Praktik : Analisis Kualitas Layanan dalam Penggunaan Mobile
Commerce dan Perbandingannya antara Produk Physical dan
Produk Digital
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. & Widia Resti
Fitriani, S.Kom., M.Kom.
M-commerce adalah penggunaan perangkat nirkabel untuk melaksanakan kegiatan
komersial, seperti jual-beli, mobile banking, dan pembayaran tagihan. Penelitianpenelitian
terdahulu membuktikan bahwa popularitas dari penggunaan m-commerce telah
berkembang dan semakin banyak pengguna melakukan transisi dari berbelanja melalui
desktop komputer ke perangkat mobile. Kualitas layanan aplikasi mobile perlu
diperhatikan untuk mempertahankan jumlah penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan apa saja yang paling baik yang
sudah diimplementasikan dari aplikasi mobile commerce di Indonesia dari persepsi
pengguna. Penelitian ini akan membandingkan kualitas layanan dari dua jenis produk
yang dijual pada aplikasi mobile commerce yaitu produk physical dan produk digital
dikarenakan perbedaan pada jenis produk akan menimbulkan ekspektasi kualitas layanan
yang berbeda bagi pengguna. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan
menyebarkan kuesioner daring terhadap 863 responden, data yang didapatkan diolah
dengan metode Entropi. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kemudahan untuk
diakses kapan saja memiliki bobot tertinggi untuk kedua jenis produk. Bobot paling
rendah untuk produk physical adalah faktor layanan pengembalian produk dan bobot
paling rendah untuk produk digital adalah faktor kecepatan respon dari customer service.
Hasil penelitian ini dapat membantu penyedia layanan untuk mengevaluasi layanan
produknya guna meningkatkan kualitasnya.
Kata kunci:
Mobile commerce, kualitas layanan, produk physical, produk digital, entropi, Indonesia
|
|