ABSTRAK
Digitalisasi terjadi di berbagai sektor salah satunya adalah perbankan. Adaptasi
digitalisasi dilakukan dalam mendapatkan pelanggan baru melalui smartphone. Digital
onboarding merupakan salah satu aplikasi mobile perbankan digital milik Bank
Danamon Indonesia untuk mendapatkan pelanggan baru. Namun, kondisi saat ini masih
ada permasalahan yang terjadi dimana desain antarmuka belum sesuai ukuran
pengalaman pelanggan baru (user experience) yang memenuhi kebutuhan sehingga
tidak tercapainya target pelanggan baru. Dalam pengembangannya, seperti yang
tercantum pada Project Approval Memorandum (PAM) Digitization tahun 2017 bahwa
user experience yang diinginkan oleh pelanggan baru perlu diketahui lebih lanjut. Hal
tersebut juga diperkuat dari hasil wawancara dengan product owner, IT Customer Care
Manager (CCM) dan IT e–channel head. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengalaman pelanggan baru (user experience), kemudian melakukan evaluasi dan
desain perbaikan antarmuka digital onboarding Danamon agar sesuai dengan
kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan User–Centered Design (UCD)
untuk mempelajari cara melakukan penilaian efektif terhadap proses desain yang
berpusat pada pelanggan baru. Penelitian ini merupakan penelitian mixed–methods
approach. Teknik pengumpulan data awal dilakukan dengan mengumpulkan data ulasan
aplikasi pada app store dan play store, kemudian melakukan survei daring untuk 100
responden yang di dalamnya terdapat kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ)
dan System Usability Scale (SUS), sehingga menghasilkan 11 kelompok isu. Metode
kuantitatif dilakukan melalui perhitungan statistik hasil dari kuesioner UEQ dan SUS.
Metode kualitatif dilakukan melalui usability testing dan wawancara kontekstual untuk
20 responden terpilih yang telah mengisi survei daring, kemudian menghasilkan 12
kelompok isu. Penggabungan dan eliminasi kelompok isu dilakukan sehingga
menghasilkan 10 kelompok isu, kemudian dipetakan dengan 10 komponen pada
heuristic evaluation menghasilkan 12 analisis permasalahan dari problem statement
yang disampaikan oleh pelanggan baru. Perancangan rekomendasi desain perbaikan
antarmuka dengan melakukan pemetaan ke delapan prinsip Shneiderman‟s eight golden
rules. Kemudian dirancang prototype menggunakan Invisionapp. Evaluasi 17
rekomendasi desain perbaikan pada prototype dilakukan ke 20 responden yang sama
dan mereka diberikan kuesioner UEQ dan SUS sebagai evaluasi prototype yang dibuat.
Pada akhirnya, disimpulkan bahwa 17 rekomendasi desain perbaikan antarmuka aplikasi
digital onboarding Danamon valid dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan baru
berdasarkan pengalaman pelanggan baru (user experience) dan usability aplikasi.
|