ABSTRAK
Keberlangsungan hidup platform crowdsourcing sangat bergantung pada partisipasi
crowdsourcee. Sementara itu pengguna dari beberapa platform crowdsourcing justru
cenderung stagnan dan menurun. Apabila hal tersebut terus dibiarkan tanpa ada
perbaikan, maka ditakutkan pengguna platform crowdsourcing dapat menurun terus
menerus dan menyebabkan platform crowdsourcing bersangkutan tidak dapat berlanjut.
Tripadvisor adalah salah satu platform crowdsourcing yang menggunakan gamification.
Salah satu tujuan penerapan gamification adalah untuk meningkatkan motivasi intrinsik
pengguna sehingga mau terlibat pada aktivitas atau perilaku tertentu. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gamification dalam memotivasi
pengguna Tripadvisor untuk aktif berpartisipasi. Untuk menganalisis pengaruh
gamification dalam memotivasi pengguna Tripadvisor, penelitian ini menggunakan Self-
Determination Theory (SDT) dan Motivational Affordance Perspective (MAP). Jika SDT
merupakan teori yang diaplikasikan pada konteks yang umum, MAP merupakan teori
tentang motivasi pada sistem informasi. Dalam penelitian ini terdapat tiga motivasi
intrinsik yang digunakan, yaitu self-presentation (presentasi diri), self-efficacy
(kompetensi diri), dan playfulness (rasa senang/nikmat). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif serta dalam pengolahan datanya menggunakan metode PLS-SEM.
Penelitian ini terdiri dari delapan variabel laten, yaitu pemberian poin, pemberian umpan
balik, pemberian lencana, pencapaian level, presentasi diri (self-presentation),
kemampuan diri (self-efficacy), playfulness, dan partisipasi. Dari delapan variabel
tersebut menghasilkan lima belas hipotesis penelitian. Terdapat tujuh hipotesis yang
diterima dan delapan hipotesis yang ditolak. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa
hanya pemberian lencana dan pencapaian level yang dapat memotivasi partisipasi
pengguna Tripadvisor.
|