ABSTRAK
Platform digital, termasuk aplikasi mobile, mempunyai peran penting dalam gig
economy, yaitu sebagai media gig worker dalam berinteraksi dengan penyedia layanan
tenaga kerja. Aplikasi mobile berbasis gig economy semakin diminati masyarakat.
Peningkatan jumlah pengguna mengakibatkan meningkatnya jumlah unduhan dan ulasan
yang diberikan. Namun, semakin banyak ulasan menyulitkan pengembang dalam
memahami informasi yang terdapat dalam ulasan. Selain itu, satu ulasan dapat memiliki
berbagai informasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengusulkan model
yang dapat mengkategorikan konten dan sentimen ulasan menggunakan teknik
pembelajaran mesin. Algoritme Support Vector Machine (SVM), Multinomial Naïve
Bayes, Complement Naïve Bayes, Binary Relevance, Classifier Chain, dan Label power
set digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian didapatkan algoritme SVM
sebagai algoritme terbaik, baik pada klasifikasi sentimen ulasan maupun kategorisasi
ulasan.
|