ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Mutia Fadhila Putri
NPM : 1806169566
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Penggunaan
Gamifikasi pada Mobile Payment dan Perancangan Gamifikasi
Menggunakan Uses Gratification Theory (UGT) dan Design
Science Research (DSR)
Gamifikasi telah diimplementasikan pada program loyalitas pengguna mobile
payment di Indonesia. Namun penelitian yang secara spesifik membahas gamifikasi
pada mobile payment di Indonesia belum banyak ditemukan. Saat ini penggunaan
gamifikasi pada mobile payment masih terbatas dalam bentuk points dan rewards.
Pada perjalannya, gamifikasi yang diterapkan mulai tidak sejalan dengan tujuannya.
Para pengguna tidak merasakan keuntungan dan kepuasan dari penggunaan
gamifikasi pada mobile payment. Penelitian ini akan mengeksplorasi faktor yang
mempengaruhi penggunaan gamifikasi pada mobile payment, dan melakukan
perancangan gamifikasi yang sesuai untuk mobile payment dengan berbasiskan
Uses and Gratification Theory (UGT) dan pendekatan Design Science Research
(DSR). Thamatic analysis dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang
mempengaruhi penggunaan gamifikasi pada mobile payment. Setelah faktor
diidentifikasi dilakukan confirmatory analysis dengan menggunakan metode
structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa,
enjoyment, passing time, ease of use, self-presentation, economic rewards, dan
social interaction menjadi faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan
gamifikasi pada mobile payment. Faktor-faktor yang telah dikonfirmasi digunakan
sebagai kriteria dan sub-kriteria pemilihan elemen gamifikasi yang dilakukan
dengan teknik AHP-TOPSIS. Pengembangan prototipe dilakukan dan kemudian
dievaluasi dengan kuesioner SUS yang memperoleh SUS score 84 dan Adjactive
Rating Good sehingga dapat disimpulkan bahwa prototipe yang dikembangkan
dapat diterima, dimengerti dan memuaskan pengguna.
Kata Kunci: Gamifikasi, Elemen game, Mobile Payment, Uses and Gratification.
|