ABSTRAKbr.> ABSTRAK
Nama : Ahmad Supriyanto
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Sistem Informasi Customer Relation Management dan
Sistem Manajemen Paket Wisata Agen Travel di Perusahaan PT Global
Teknokreasi Indonesia
Dokumen ini berisi laporan kerja praktik yang dilaksanakan penulis pada periode Juni –
Agustus 2020 di PT Global Teknokreasi Indonesia (Come Indonesia). Come Indonesia
adalah sebuah perusahaan di bidang pariwisata yang mengembangkan aplikasi Come.
Aplikasi Come bertujuan untuk membantu para agen wisata dalam mempromosikan paket
wisata mereka kepada para wisatawan. Aplikasi ini juga membantu para wisatawan dalam
mencari paket wisata yang terjangkau. Penulis melaksanakan kerja praktik di perusahaan
tersebut sebagai Frontend Engineer. Selama melaksanakan kerja praktik, penulis
mengembangkan dua buah aplikasi wisata Come berbasis web, yaitu Sistem Customer
Relationship Management (CRM) dan juga Sistem Informasi Manajemen Paket Wisata
Agen Travel. Pada pengembangan kedua aplikasi tersebut, penulis menggunakan
kerangka kerja Nextjs dengan bahasa pemrograman Javascript. Selain itu, penulis juga
menggunakan protokol komunikasi web socket. Protokol komunikasi ini memungkinkan
wisatawan untuk melakukan komunikasi dengan agen wisata secara real time. Penulis
mendapatkan banyak pengetahuan teknis tentang pengembangan perangkat lunak dari
pembuatan aplikasi itu sendiri serta pemahaman yang baru tentang kerangka kerja Nextjs.
Penulis juga mendapatkan pengalaman mengesankan mengenai manajemen waktu dan
kerjasama antartim.
Kata kunci:
Come Indonesia; Front-End Developer; Javascript; Kerja Praktik; Nextjs; Typescript
|
|