ABSTRAK
br.>

ABSTRAK Nama : Ahmad Supriyanto Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Sistem Informasi Customer Relation Management dan Sistem Manajemen Paket Wisata Agen Travel di Perusahaan PT Global Teknokreasi Indonesia Dokumen ini berisi laporan kerja praktik yang dilaksanakan penulis pada periode Juni – Agustus 2020 di PT Global Teknokreasi Indonesia (Come Indonesia). Come Indonesia adalah sebuah perusahaan di bidang pariwisata yang mengembangkan aplikasi Come. Aplikasi Come bertujuan untuk membantu para agen wisata dalam mempromosikan paket wisata mereka kepada para wisatawan. Aplikasi ini juga membantu para wisatawan dalam mencari paket wisata yang terjangkau. Penulis melaksanakan kerja praktik di perusahaan tersebut sebagai Frontend Engineer. Selama melaksanakan kerja praktik, penulis mengembangkan dua buah aplikasi wisata Come berbasis web, yaitu Sistem Customer Relationship Management (CRM) dan juga Sistem Informasi Manajemen Paket Wisata Agen Travel. Pada pengembangan kedua aplikasi tersebut, penulis menggunakan kerangka kerja Nextjs dengan bahasa pemrograman Javascript. Selain itu, penulis juga menggunakan protokol komunikasi web socket. Protokol komunikasi ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan komunikasi dengan agen wisata secara real time. Penulis mendapatkan banyak pengetahuan teknis tentang pengembangan perangkat lunak dari pembuatan aplikasi itu sendiri serta pemahaman yang baru tentang kerangka kerja Nextjs. Penulis juga mendapatkan pengalaman mengesankan mengenai manajemen waktu dan kerjasama antartim. Kata kunci: Come Indonesia; Front-End Developer; Javascript; Kerja Praktik; Nextjs; Typescript