ABSTRAK
Nama : Fardhan Dhiadribratha Sudjono
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Penerapan Metode Software Product Line Engineering
(SPLE) dalam Pembuatan Game Object
Dalam Game Development, proses penyusunan objek dalam permainan merupakan
proses yang repetitif. Fitur-fitur pada suatu game object ada yang dapat digunakan ulang
pada sebuah game object yang baru. Pendekatan tersebut mirip dengan pendekatan
software product line engineering (SPLE) yang menggunakan konsep commonality dan
variability. Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana eksekusi proses penyusunan
objek dalam game dengan pendekatan SPLE. Proses penelitian dimulai dari identifikasi
fitur dan penyusunan feature model untuk objek permainan terlebih dahulu, kemudian
analisis perbandingan metode menyusun objek permainan cara manual dengan cara
pendekatan SPLE. Ditemukan bahwa metode penyusunan dengan pendekatan SPLE
memiliki jumlah langkah yang lebih sedikit dibandingkan metode manual. Metode
penyusunan game object dengan metode SPLE dapat menjadi alternatif solusi untuk
penyusunan game object yang memiliki fitur yang mirip.
Kata kunci:
Game Development, Game Object, Software Product Line Engineering, analisis perbandingan
|
|