ABSTRAK
Nama : Agas Yanpratama
Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer
Judul : Analisis Aktivitas Pembelajaran secara Daring Paytren Academy
berdasarkan Gagné Nine Events of Instruction dan Teori Pembelajaran
Daring.
Pembimbing : Dr. Dra. Kasiyah M.Sc.
Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D.
Kemudahan pembelajaran daring saat ini membuat munculnya berbagai sistem
pembelajaran daring di Indonesia dengan target pengguna yang berbeda. Penelitian
dilakukan dengan fokus pada sistem MOOC Paytren Academy karena tema pembelajaran
yang dibawakan berfokus kepada peningkatan keterampilan dan pengetahuan pengguna
pada kehidupannya sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat luas terutama bagi orang
dewasa yang sudah bekerja dan terkendala untuk mengambil kuliah secara tatap muka.
Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang ada pada
sistem tersebut berdasarkan prinsip Gagné nine events of instruction dan teori
pembelajaran daring khususnya online collaborative learning dan teori constructivism
dalam pembelajaran daring. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode campuran
dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk menganalisis data
antarmuka dan data kuantitatif yang ada tentang sistem. Hasil penelitian menunjukkan
perlu ada perbaikan minor dalam alur pembelajaran yang sudah ada dalam sistem dan
dalam penerapan prinsip Gagné nine events of instruction. Penelitian memberikan
rekomendasi perbaikan penerapan prinsip tersebut dan teori pembelajaran daring pada
sistem Paytren Academy untuk meningkatkan tingkat penguasaan materi pembelajar.
Evaluasi dan rekomendasi yang diajukan dapat digeneralisasi sehingga bisa menjadi
alternatif evaluasi dan meningkatkan penerapan prinsip yang sama pada sistem yang
serupa.
Kata kunci: MOOC, Paytren Academy, Evaluasi Pembelajaran, Gagné’s nine events
of instruction, Teori Pembelajaran Daring
|
|